Profile Kabupaten Yahukimo

(peta: google.com)

Nama YAHUKIMO secara bahasa mengambil nama 4 suku yakni : YALI, HUBLA, KIMYAL dan MOMUNA. Nama Yahukimo terbentuk dari penggabungan empat suku kata Ya, Hu, Ki, dan Mo. Empat suku kata ini berasal dari empat nama suku besar yang ada di Kabupaten Yahukimo. Ya diambil dari nama suku Yali, Hu diambil dari nama suku Hupla, Ki dari nama suku Kimyal, dan Mo diambil dari nama suku Momuna.

Kabupaten Yahukimo berdiri berdasarkan UU No tahun 2012 dan diresmikan pada tanggal 11 Desember 2013 dengan luas 17.152 km2 . Terdapat beberapa kabupaten yang berbatas darat dengan Kabupaten Yahukimo yakni:
• Bagian Utara berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya, Jayapura dan Yalimo .
• Bagian Barat berbatasan Kabupaten Nduga.
• Bagian Timur berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Bintang.
• Bagian Selatan berbatasan dengan Kabupaten Asmat, Mappi dan Boven Digul.
Kabupaten Yahukimo merupakan pemekaran dari Kabupaten Jayawijaya. Pada awal berdirinya Kabupaten Yahukimo hanya mempunyai tiga distrik yakni : Distrik Ninia, Distrik Angguruk dan Distrik Apalaphisili.

Bentang Kabupaten Yahukimo : 1380 45’ Bujur Timur/East Longitude, 1400 14’ Bujur Timur/East Longitude , 030 39’ Lintang Selatan/South Latitude, 050 02’ Lintang Selatan/South Latitude. Untuk mencapai Kabupaten Yahukimo dapat menggunakan menggunakan Transportasi Udara yang telah didukung dengan adanya Bandara Nop Goliat sementara dengan adanya sungai besar yang dapat dilalui kapal seperti kapal Landen, Kapal Kayu, Ketinting atau sejenisnya yang sandar di Pelabuhan Logpond. Pelabuhan Logpond yang menggunakan jalur Sungai Brassa yang mengalir menuju laut selatan Papua melalui Kabupaten Asmat.

Keadaan topografi Kabupaten Yahukimo sangat bervariasi mulai dari dataran rendah dengan lereng yang landai sampai dengan daerah berbukit dengan kemiringan yang terjal. Sedangkan ketinggiannya berada di antara 100 – 3.000 meter di atas permukaan laut. Secara morfologi Kabupaten Yahukimo merupakan dataran rendah, dataran tinggi, daerah bergunung dan perbukitan. Luas daerah dengan kemiringan 0-1 persen adalah 1.621.900 meter persegi; tingkat kemiringan 15-40 persen adalah 96.875 meter persegi, sedangkan tingkat kemiringan di atas 40 persen adalah yang terbesar yaitu 3.572.825 meter persegi dari total luas Kabupaten Yahukimo. Sehingga topography Kabupaten Yahukimo didominasi oleh kemiringan yang lebih dari 40% . Artinya luas wilayah dengan kemiringan 0-1 % lebih sedikit dibandingkan pada tingkat kemiringan 40%.

Sejak dimekarkan pada tahun 2003 hingga tahun 2013 telah terdapat 51 distrik (kecamatan) dan 518 kampung/kelurahan.

308 total views, 0 views today