Sekilas Sejarah Dewan Masyarakat Adat Momuna (DMAM)

Kabupaten Yahukimo adalah satu kabupaten diantara 28 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Papua. Secara geografis Kabupaten Yahukimo terletak di wilayah Pegunungan Tengah Papua bagian timur. Luas wilayahnya 1.680.128 Ha. Kabupaten Yahukimo sebelumnya merupakan bagian dari wilayah administrasi Kabupaten Jayawijaya. Secara hukum Kabupaten Yahukimo ditetapkan melalui UU No.26 Tahun 2002. Dimekarkan pada tahun 2003 dari Kabupaten Induk yaitu Kabupaten Jayawijaya. Kemudian pemerintahan karateker ditetapkan pada tahun 2004.

Bupati Karateker adalah Drs. Robert Wanimbo. Hingga tahun 2013 kabupaten ini telah berusia 12 Tahun, dan tentu telah mengalami banyak perubahan pembangunan di wilayah ini, meskipun mungkin belum sepenuhnya sesuai harapan masyarakat adat Momuna. Bupati Kabupaten Yahukimo saat ini adalah Abock Busup dan Yulianus Heluka sebagai wakil bupati periode 2015-2020.

Pada tahun 2014 lalu dimana inisiatif Masyarkat Adat Momuna untuk mendirikan organisasi adat mendapatkan respon dari Jaringn Kerja Rakyat (JERAT) Papua. Kemudian JERAT Papua memfasilitasi Konfrensi Masyarakat Adat Momuna (KMAM) Ke-I pada tanggal 02-03 Oktober 2014 bertempat di Gedung Gereja GIDI Anugerah, Dekai Kab.Yahukimo.
Pada KMAM Ke- I disahkan Nama Organisasi Adat yakni : Dewan Masyarakat Adat Momuna atau disingkat DMAM dan strukturnya. Serta pengesahan dan penetapan Statuta DMAM dan program kerja DMAM.

Saat yang sama dilaksanakan Pemilihan dan Pengukuhan Kepala Suku Besar yakni Ismail Keikyera dan Komite Suku yakni Tinus Keikyera. Kepala Suku Besar adalah sebagai Badan Pelaksana yang akan menggerakan roda organisasi DMAM sementara Komite Suku berperan sebagai Badan Pengawas. Dengan masa bakti kepengurusan 2014-2017.

Dewan Masyarakat Adat Momuna (DMAM) adalah satu-satunya lembaga adat yang representatif mewakili Masyarakat Adat Momuna.(ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *