Tarian Masyarakat Adat Momuna Sambut Jokowi Saat Tiba Di Dekai Yahukimo.

Dekai,- Kunjungan Presiden Jokowi ke Dekai  Yahukimo pada Selasa (18/10/2016)  mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Tidak terkecuali dari masyarakat adat Momuna. Dalam penyambutan Jokowi  terdapat 4 orang masyarakat Adat Momuna yang dipercayakan menari didepan RI 1.
“Kami menari menyambut kedatangan bapak Jokowi di Dekai. Dan saya dari Momuna maka menggunakan pakaian tradisional termasuk bungkus” ujar Agus Kokini saat dihubungi lewat telpon seluler. Bungkus adalah istilah bagi masyarakat adat Momuna yang menutup ujung kemaluan laki-laki dengan sejenis daun.  Dan Agus Kokini menyatakan kebanggaannya bisa menari di depan orang No 1 di Indonesia. “Saya bangga bisa menari dan berpakaian adat Momuna didepan Bapak Jokowi” ujar pemuda Kampung Kwaserama yang juga Community Organizer (CO) Jerat Papua.
Sementara Staff JERAT Papua di Dekai, Jimmy Biay  mengatakan bahwa kedatangan Presiden Jokowi sekitar jam 09.00 WIT  dan meninggalkan Dekai Yahukimo sekitar pukul 11.00 WIT. “Pak Presiden datang meresmikan Bandara Nop Goliat Dekai lalu ke lapangan Kantor Bupati Lama untuk membuka bakar batu yang telah ada. Setelah itu Pak Jokowi kembali ke Bandara untuk berangkat” ucap Jimmy Biay singkat. Ditambahkan oleh Jimmy bahwa dalam pembukaan pidato di Lapangan Kantor Bupati Lama, Jokowi mengawalinya dengan kata “Kuntere”. Kuntera adalah  bahasa Momuna yang berarti salam yang ditujukan kepada orang banyak atau jamak dan jika hanya satu orang maka dikatakan “Kotre” diakhir pembicaraannya via telpon seluler.
Seperti dilansir oleh TabloidJubi.com bahwa pembangunan Bandara Nop Goliat , mempunyai runway sepanjang 2.070 meter , dibangun sejak 2004 dan menghabiskan dana sebesar Rp 320,7 Millar.  (Wirya Supriyadi/JERAT Papua)
Jokowi_Dekai_Yahukimo

Foto: Presiden Joko Widodo  saat bertemu masyarakat Kab. Yahukimo di Lapangan Kantor Bupati Lama , Dekai. (Foto: Dana Ningsih Bahar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *